Cara compress javascript

Posting ini merupakan kelanjutan dari posting saya sebelumnya tentang mempercepat loading page blog. Seperti kita ketahui, javascript yang terlalu banyak sangat berpengaruh terhadap berat dan ringannya loading page sebuah blog.

Akan tetapi juga tidak bisa dipungkiri bahwa javascript cukup berperan untuk mempercantik tampilan blog kita. Pada kondisi seperti ini kita dihadapkan pada dua pilihan yang sangat berat : Menghapusnya dari template, atau tetap mempertahankannya walaupun loading page blog kita jadi berat....Tapi ah....jangan terlalu didramatisir sobat, biarkan hidup ini berjalan apa adanya....

Maksud saya begini , soal itu sobat tidak perlu khawatir sebab kita masih punya pilihan ketigax yaitu compress javascript. Dengan cara ini paling tidak kita bisa meminimalisir ukuran size javascript yang didownload oleh browser dari blog kita. Jadi, langsung saja caranya :

Sejauh yang saya ketahui sebagai blogger amatir, ada dua tipe javascript pada template blogger,
1. tipe pertama diawali kode <script TYPE='text/javascript'> dan diakhiri kode </script>
2. tipe yang kedua didownload dari webhosting tertentu dengan kode :
<script src='http://ALAMAT-WEBSITE-TERTENTU.js' type='text/javascript'/>
 artinya, script tadi didowload dari alamat url di atas.


Untuk tipe yang pertama cukup mudah, sobat tinggal mengkompressnya dengan cara kopas script tersebut di situs ini, klik compress dan kopas lagi hasilnya di tempat yang sama pada template sobat.

Sedangkan untuk tipe yang kedua :
1. Sobat download terlebih dahulu script tersebut dari url asalnya,
2. Buka menggunakan notepad, kompress semua kodenya di situs tadi dan kopas lagi hasilnya pada notepad sebelumnya lalu save.
3. Upload script yang sudah kita buat barusan pada sebuah webhosting, saya merekomendasikan situs ini saja karena selain gratisan juga relatif aman. (Mengenai apa itu webhosting, cara upload script dll tanya dulu si mbah ya, jangan malas belajar!)
4. Setelah dapetin url untuk alamat script tersebut, kopas atau gantikan alamat url script lama pada template sobat dengan alamat url script yang barusan kita buat.
5. Preview terlebih dahulu lalu save template.
6. Lihat dan rasakan bedanya!

Note :
  • Ada beberapa script yang tidak bisa dikompress sekaligus (jangan tanya kenapa, saya juga tidak tahu), jadi ada baiknya terlebih dahulu preview blog sobat setiap kali mengganti script dengan hasil compressan.
  • Jaga etika blogger, bagaimanapun script itu buatan orang lain jadi usahakan jangan mengganti link creditnya.......kecuali terpaksa
Segitu aja dulu, mudah-mudahan bermanfa'at. Semangat dan salam blogger.

8 komentar :

  1. MAKSIH GAN atas infonya ...

    kunjungi jug blog ane do nuyatha94.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama gan, udah ane visit balik kok tenang aja :)

      Hapus
  2. makasih sob hehehehehe

    BalasHapus
  3. makasih sob sharenya hehehe

    BalasHapus
  4. aku kurang ngerti sob!mohon di bantu!dan di cek ke http://agusciamis.blogspot.com
    menurut sobat berat ngga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang ngertinya dimana bro? kalo boleh pendapat ane blog ente terlalu banyak gadget-nya gan, makanya agak berat. Visitor Tracker-nya lebih dari satu dan cukup banyak men-load gambar.
      Saran ane gadget-nya dikurangi yang penting untuk pengunjung saja, dan gambar headernya dikonvert ke format.gif biar size-nya lebih kecil. Utk javascript, ane kira blog ente gak ada masalah gan.
      Btw hanya sekedar pendapat gan :D

      Hapus
  5. Thanks gan artikelnya bermanfaat dan langsung saya praktekin, kunjungan baliknya yoo http://yantasik.blogspot.com/

    BalasHapus

Jika anda menyukai artikel di atas silahkan share atau tinggalkan komentar. Mohon maaf, untuk menghindari spam, komentar yang menyertakan live link akan dihapus.