Mengatasi Error 404 tanpa www pada custom domain blogger

Beberapa hari terakhir ini banyak sekali para netter yang mengeluhkan masalah error 404 saat melakukan custom domain di blogger, hal ini dialami terutama oleh domain2 tingkat atas (TLD) sehingga situs mereka tidak bisa diakses tanpa mengetikkan www didepan nama domainnya. Sepanjang yang saya ketahui ini terjadi setelah beberapa saat lalu blogger melakukan integrasi CMS pada interface baru-nya dan pada saat itu juga terjadi maintenance server untuk custom domain. Langsung saja bagi sobat yang mengalami error 404 ketika mengakses halaman tanpa www (naked domain), berikut solusinya :
Penting : Langkah-langkah di bawah ini dilakukan hanya apabila Custom DNS sobat sudah sesuai dengan peraturan baru blogger dan masih tetap error.

1. Daftar ke Google Apps.
Mereka menyediakan 2 paket customer: Trial 30 hari (Bussiness), dan Free (Education). Saya sarankan yang free (education) saja.
2. Pada form pendaftaran isikan data yang sesuai.
3. Pada pilihan nama domain pilih (use domain that I already purchased) lalu isikan nama situs anda dengan format penulisan: domainanda.com (tanpa www).

4. Setelah berhasil memiliki akun secara otomatis anda akan diarahkan ke panel admin, klik di bagian Domain Names / Nama-nama Domain, dan anda akan diminta mengalihkan url situs anda dari domainanda.com (naked domain) ke alamat www. domainanda.com

5. Akhiri dengan klik I’ve completed these steps, selesai.

Jika pengaturan DNS anda penyedia domain sudah betul, sampai tahap ini sebetulnya domainanda.com sudah bisa diakses dan akan langsung diarahkan ke www. domainanda.com, akan tetapi saran saya akan lebih baik jika sobat melanjutkannya dengan memverifikasi kepemilikan situs tersebut di halaman dashboard CPanel Google Apps. Seperti kita tahu Google Apps menyediakan banyak feature menarik yang bisa kita pergunakan sewaktu-waktu. Sobat bisa melakukan langkah verifikasi dengan beberapa pilihan yang nanti diberikan, dan apabila berhasil tampilannya seperti ini :

Tulisan ini repost dan sedikit tambahan dari artikel seorang blogger. Semoga bermanfa'at, selamat mencoba, semangat dan salam blogger.

11 komentar :

  1. wah ini dia artikel yg ane cari sob,, makasih
    .

    BalasHapus
  2. Terima kasih banyak atas informasinya...pengalihan sukses...mantap gan.


    http://elmudaja.com

    BalasHapus
  3. bukannya pas kita setting domain di blogger ada checkbox biar blabla.com di redirect ke www.blabla.com...
    ane tadinya juga bingung knp gak redirect padahal udah ane centang, tapi beberapa saat setelah itu bisa redirect dia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul gan sekarang blogger sudah memperbaikinya, waktu ane dulu ada notifikasi error waktu mau mindahin ke domain yang sekarang ane pake ini kalo tanpa www, bahkan setelah hampir seminggu belum bisa redirect juga, demikian juga beberapa rekan blogger. Sekarang kelihatannya sudah tidak ada masalah, tapi jika ada yang masih mengalami silahkan saja mencoba tutorial di atas.

      Hapus
  4. thanks tutornya.. berhasil

    BalasHapus
  5. sekarang sudah bisa, operator penyedia domain saya saja gak ngerti, untung saya ketemu akang.. thanks bnget...
    idwebhost operatornya lulusan sd.hahaha

    BalasHapus
  6. sekarang apa masih bisa yah??

    saya lihat ada yg koment udh gak bisa tuh...

    gimana apa ada solusi laen...

    saya pengen situs saya http://www.jey2shop.com bisa jadi http://jey2shop.com doank aja... meskipun tanpa www udah bisa terbuka.

    sebenarnya saya udh pernah nyoba cara ini disitus saya yg http://obat-langsing.com

    tapi sekarang kok cara ini udh gak bisa yah...
    bantu aku cari solusinya donkkkkk.... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. melihat beberapa komentar, sepertinya masalah ini masih sering terjadi gan, walau bisa jadi hanya pada beberapa kasus webhosting tertentu saja. Cara di atas di atas digunakan apabila custom domain dengan cara konvensional di blogger gak work.

      Hapus

Jika anda menyukai artikel di atas silahkan share atau tinggalkan komentar. Mohon maaf, untuk menghindari spam, komentar yang menyertakan live link akan dihapus.