Membuat website gratis

Ada banyak tutorial di internet mengenai cara membuat website gratis jadi posting ini hanya untuk memperkaya literatur di internet saja sekaligus iseng uji SEO keyword. Dalam tahap-tahapnya tidak akan saya jelaskan secara detail soalnya nanti malah lebih banyak penjelasan ketimbang praktek, so yang penting ikutin saja dulu kalo ada yang kurang mengerti silahkan nimbrung di kolom komentar.

Tutorial ini hanya ditujukan untuk para pemula yang sudah memahami dasar-dasar penggunaan dashboard pada wordpress atau blogger. Bagi yang belum faham berarti anda bukan pemula, tapi pra pemula. Maaf tapi itu sebuah kebenaran.

Jadi, apa saja yang diperlukan?
1.  Email (disarankan gmail)
2.  Password email (jangan protes!)
3.  Koneksi internet (wajib!)
4. Segelas kopi dan dua batang rokok kesukaan anda, kecuali koneksi internet anda tingkat dewa cukup satu batang saja.

A. Sesi Domain
1. Pertama-tama silahkan daftar di sini, pilih nama domain sesuai keinginan, check availability, dan isi form registrasinya. Kenapa pilih freenom? khan sudah dibilang jangan tanya-tanya dulu.
2. Kalau sudah mendapat nama domain yang diinginkan lalu masuk ke Setup dan isi Nama Server dengan :
ns1.0hosting.org
ns2.0hosting.org
ns3.0hosting.org
ns4.0hosting.org
lalu klik setup / ok.
Apa pula ini? Tenang saja saya tidak bermaksud meretas email ataupun meng-hack situs anda yang belum jadi itu, jadi lanjutkan ke tahap berikutnya.

B. Sesi Hosting
1. Daftar hosting di sini
2. Isi from email, user, password, ketik capcay yang terlihat, save (Ini akan jadi nama user dan password akun utama anda di webhosting ini)
3. Buka email sobat dan klik link veririfikasi dari email yang dikirimkan.
4. Pada opsi hosting plan pilih free hosting
5. Klik ‘I want to host my domain’
6. Pada domain isikan nama domain anda (tanpa www) 
7. Isi password, (boleh berbeda dengan password sebelumnya ini akan jadi password domain anda).
8. Jika sudah klik create, lalu klik switch anda kemudian akan dibawa ke laman (maksudnya halaman) CPANEL.
9. Scroll ke bawah, pada menu website pilih auto installer dan pilih platform website anda (kalau saya lebih memilih wordpress) Lho kenapa tidak ada platform blogger? Sudahlah, ceritanya panjang…..
10. Kalo anda pilih wordpress, pada install to kosongkan saja, isi username dan password (boleh beda, ini akan jadi user dan password untuk masuk ke dashboard wordpress anda), selanjutnya Install wordpress lalu view result.
11. Jangan tutup browser anda, tunggu minimal 5 menit. Setelah itu kalo pengen liat tampilan website baru anda klik domainanda.co.cc, untuk masuk ke dashboard wordpress klik manage.
12.  Selamat website anda sudah jadi.

2 komentar :

Jika anda menyukai artikel di atas silahkan share atau tinggalkan komentar. Mohon maaf, untuk menghindari spam, komentar yang menyertakan live link akan dihapus.