Cara mengalihkan domain lama ke domain baru di blogger

Ada kalanya kita harus berganti alamat domain blog karena beberapa alasan. Perubahan domain yang dilakukan dengan tidak hati-hati hanya akan merugikan pemilik situs yang bersangkutan, karena untuk beberapa waktu search engine akan tetap merayapi alamat situs lama akan tetapi setelah halaman itu dibuka yang tampil adalah gambar seperti ini.
 

Berikut langkah pengalihan alamat atau domain yang benar.

Cara I [Redirect URL]:
Agar pengunjung yang datang ke blog lama kita tidak terlalu bingung dengan tampilan gambar di atas, buatlah sebuah blog baru di blogger. Tidak perlu diisi posting apa-apa. Atur pengalihan URL nya ke domain blog yang lama, kemudian redirect domain URL blog lama tersebut ke URL domain blog yang baru.
Cara meredirect nya silahkan baca disini.
Contoh redirect url yang udah ane buat disini.

Cara 2 [Customize Webmaster]
Walaupun bersifat jangka panjang, cara ini sangat penting agar Search Engine mengarahkan perayapan URL blog lama sobat ke URL dan domain sobat yang baru. Caranya sebagai berikut :

1. Setelah anda mengganti domain, masuklah ke Alat Webmaster Google.

2. Jangan hapus situs lama anda di situ, saya contohkan disini situs lama saya www.kerahledrek.asia dan situs baru saya www.kerahledrek.ml

3. Masuklah ke Domain Lama anda, klik icon Gear sebelah kanan atas tampilan webmaster dan pilih "Perubahan Alamat"
 

4. Dibawah tulisan " Beritahukan URL dari domain baru Anda " klik box "Pilih situs terverifikasi" kemudian pilih blog baru anda lalu tekan "kirim"

5. Setelah itu akan tampil pemberitahuan seperti ini :
6. Jika cara di atas sudah selesai maka kita tinggal menunggu sampai webmaster bekerja merayapi domain sobat yang baru. Sebagaimana diterangkan disana :
Durasi pengaruh
Pemberitahuan perubahan alamat Anda berlaku selama 180 hari, dan selama waktu tersebut indeks Google akan diperbarui sepenuhnya dengan informasi situs baru Anda. Setelah 180 hari, Anda dapat memperpanjang periode dengan mengirim perubahan alamat sekali lagi.
 Semoga bermanfa'at
*********

0 komentar :

Posting Komentar

Jika anda menyukai artikel di atas silahkan share atau tinggalkan komentar. Mohon maaf, untuk menghindari spam, komentar yang menyertakan live link akan dihapus.