Pembuatan Multimedia dengan menggunakan aplikasi I-SPRING SUITE 8

A. PENDAHULUAN

Multimedia pembelajaran  dapat digunakan untuk belajar mandiri para siswa. Bahkan, dalam beberapa situasi dan kondisi tertentu, media pendidikan dapat menggantikan sebagian tugas guru, terutama untuk penyajian bahan untuk belajar. Namun, hendaknya dengan adanya multimedia pembelajaran guru juga siap untuk memiliki kemampuan tambahan, minimal dapat mengoperasikan multimedia pembelajaran tersebut sehingga produk multimedia tidak hanya menjadi hiasan semata apalagi kalau merupakan hasil produksi dari pemerintah (Miarso dalam http://www.lumpiastudio.com/episode-1-seri-pembuatan-multimedia-pembelajaran-interaktif-mpi-dengan-ispring-flash-dan-powerpoint-pengenalan-dan-penginstalan/)

Dalam artikel ini kita akan membahas iSpring Suite 8, software ini bisa mengubah file presentasi PowerPoint untuk menjadi bentuk flash. Software ini tersedia dalam versi free (gratis) dan pro (berbayar). iSpring Suite 8 secara mudah dapat diintegrasikan dalam Microsoft PowerPoint sehingga Anda tidak membutuhkan keahlian khusus.
Beberapa fitur iSpring Suite 8 adalah:
  1. iSpring Suite 8 bekerja sebagai add-ins PowerPoint, untuk menjadikan file PowerPoint lebih menarik dan interaktif berbasis Flash atau html5 dan dapat dibuka di hampir setiap komputer atau platform.
  2. Dikembangkan untuk mendukung e-learning. iSpring Suite 8 dapat menyisipkan berbagai bentuk media, sehingga media pembelajaran yang dihasilkan akan lebih menarik, diantaranya adalah dapat merekam dan sinkronisasi video presenter, menambahkan Flash dan video YouTube, mengimpor atau merekam audio, menambahkan informasi pembuat presentasi dan logo perusahaan, serta membuat navigasi dan desain yang unik (pro).
  3. Mudah didistribusikan dalam format flash, yang dapat digunakan dimanapun dan dioptimalkan untuk web.
  4. Membuat kuis dengan berbagai jenis pertanyaan/soal yaitu: True/False, Multiple Choice, Multiple response, Type In, Matching, Sequence, numeric, Fill in the Blank, Multiple Choice Text (pro).
B. PANDUAN MEMBUAT MMI DENGAN iSPRING SUITE 8 1.
Pastikan bahwa aplikasi Ispring Suite 8 (Versi terbaru) sudah terinstall pada komputer atau laptop sobat
Buka aplikasi Microsoft PowerPoint (yang saya gunakan adalah PowerPoint 2016), jika sudah terinstall ispring suite maka akan ada menu ispring suite di atas toolbar seperti di gambar ini

Klik => Publish => CD => pada tab Player pilih None => Klik EXE (ini optional, bisa pilih html5 apabila outputnya untuk mobile learning)

Klik tab Playback and Navigation => Pastikan yang dicentang hanya item START saja seperti di gambar

Klik Advanced, jika file PPT anda sudah berisi file flash, video ataupun audio, pastikan pada box Detach Media Content ceklist nya sudah kosong seperti ini, jika tidak nanti pada saat dipublish file-file itu akan terpisah dan tentu kurang efisien.
Tapi jika file PPT anda tidak berisi flash, video atau audio, step di atas boleh dilewat saja


Publish => tunggu hingga proses selesai.

Apabila telah selesai maka file powerpoint tadi sekarang sudah menjadi file flash. Contoh filenya bisa didownload Disini

link sorce : Disini dan Disitu

0 komentar :

Posting Komentar

Jika anda menyukai artikel di atas silahkan share atau tinggalkan komentar. Mohon maaf, untuk menghindari spam, komentar yang menyertakan live link akan dihapus.