Multimedia Interaktif

Dalam proses belajar dan mengajar dikelas, seorang guru wajib menyediakan media pembelajaran yang menarik kepada murid-muridnya agar tujuan pembelajaran tersebut tercapai. Dengan adanya media yang mendukung proses belajar mengajar maka siswa dapat lebih mudah memahami pelajaran yang diberikan. Bukan hanya itu guru pun akan lebih mudah dalam penyampaian materi pelajaran yang akan diajarkan.
Dalam media pembelajaran ada beberapa jenis media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru. Yakni salah satunya adalah “Multimedia Interaktif”. Dalam posting ini kita akan membahas apa itu pengertian multimedia juga kelebihan dan kekurangannya.

Defenisi Multimedia Menurut Para Ahli
  1. Steinmetz (1995): Multimedia adalah gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
  2. Najjar (1996): Multimedia adalah Penyampaian informasi menggunakan gabungan dari teks, grafik, suara, video dan animasi.
  3. Menurut Robin dan Linda (seperti dikutip Benardo, 2011) Multimedia interaktif adalah alat yang dapat menciptakan persentasi yang dinamis dan interaktif, yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video.
  4. Menurut Hofstetter (seperti dikutip Benardo, 2011) Multimedia interaktif adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi
Jadi bisa disimpulkan multimedia interaktif adalah media yang menggabungkan teks, grafik, video, animasi dan suara. Untuk menyampaikan suatu pesan dan informasi,  melalui media elektronik seperti komputer dan perangkat elektronik lainnya.

Selain kombinasi dari objek-objek multimedia tersebut, terdapat juga 4 komponen yang penting lainnya, yaitu:
  1. Adanya komputer untuk mengatur apa yang akan dilihat dan didengar, dan apa yang akan berinteraksi dengan penggunanya.
  2. Adanya link-link yang menghubungkan informasi-informasi yang tersedia.
  3. Adanya tool-tool navigasi bagi pengguna agar dapat menggunakan informasi yang tersedia.
  4. Adanya prosedur bagi pengguna untuk mengumpulkan, memproses dan menyampaikan informasi dan ide-idenya.
Dengan penggunaan multimedia, penyampaian informasi di kelas akan menjadi lebih menarik dan mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi tersebut. Seperti yang disebutkan dalam laporan hasil penelitian yang dikeluarkan oleh Computer Technology Research (Hofstetter, p4) bahwa seseorang hanya akan mendapatkan 20% dari apa yang mereka lihat dan 30% dari yang mereka dengar. Sedangkan melalui multimedia akan mendapatkan 50% dari apa yang mereka lihat dan dengar, sampai 80% dari apa yang mereka lihat, dengar dan berinteraksi dengan pada waktu yang sama.

Jenis Multimedia Interaktif
Menurut Suyanto (seperti dikutip Benardo, 2011) jenis multimedia interaktif terbagi menjadi dua bagian, yaitu:
  1. Multimedia Interaktif Online, adalah media interaktif yang cara penyampaiannya melalui jalur/kawat/saluran/jaringan.  Contohnya situs Web, Yahoo Messengers, dan lain sebagainya. Jenis media ini termasuk media lini atas, yang komunitas sasarannya luas, dan  mencakup masyarakat luas.
  2. Multimedia Interaktif Offline, adalah media interaktif yang cara penyampainnya tidak melalui jalur/kawat/saluran/  jaringan. Contohnya CD interaktif : Company Profile, Media Pembelajaran. Media ini termasuk media lini bawah karena sasarannya, tidak terlalu luas dan hanya mencakup masyarakat pada daerah tertentu saja.
Komponen-komponen Multimedia
Menurut James A. Senn, multimedia terdiri dalam beberapa Komponen, berikut Komponen – komponen / Elemen – elemen Multimedia diantaranya adalah:
1. Teks
Teks merupakan elemen multimedia yang menjadi dasar untuk menyampaikan informasi, karena teks adalah jenis data yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil. Teks
merupakan cara yang paling efektif dalam mengemukakan ide-ide kepada pengguna, sehingga penyampaian informasi akan lebih mudah dimengerti oleh masyarakat. Jenis-jenis teks seperti Printed Text, yaitu teks yang dihasilkan oleh word processor atau word editor dengan cara diketik yang nantinya dapat dicetak. Scanned Text yaitu teks yang dihasilkan melalui proses scanning tanpa pengetikan. Dan Hypertext yaitu jenis teks yang memberikan link ke suatu tempat / meloncat ke topik tertentu.
2. Suara/Audio
Teknologi audio juga berperan penting dalam penyampaian informasi, tanpa adanya audio / suara dalam sebuah multimedia maka hasilnya tidak lengkap. Suara atau audio di dalam multimedia biasanya berupa suara musik, suara dari voice record maupun efek–efek suara lain.
Penyajian audio merupakan cara lain untuk memperjelas pengertian suatu informasi. Misalnya, narasi adalah kelengkapan dari penjelasan yang dilihat melalui video. Suara dapat lebih menjelaskan karakteristik suatu gambar, misalnya musik, sound effect, maupun suara asli (real sound).
3. Grafik (image)
Sangat bermanfaat untuk mengilustrasi informasi yang akan disampaikan terutama informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Jenis-jenis grafik seperti bitmap yaitu gambar yang disimpan dalam bentuk kumpulan pixel, yang berkaitan dengan titik-titik pada layar monitor. Digitized picture adalah gambar hasil rekaman video atau kamera yang dipindahkan ke komputer dan diubah ke dalam bentuk bitmaps. Hyperpictures, sama seperti hypertext hanya saja dalam bentuk gambar.
4. Video
Video Terdiri atas life-video dan full-motion. Live-video merupakan hasil pemrosesan yang diperoleh dari kamera, sedangkan Full-motion video berhubungan dengan penyimpanan sebagai video clip. Beberapa authoring tool dapat menggunakan full-motion video, seperti hasil rekaman menggunakan VCR, yang dapat menyajikan gambar bergerak dengan kualitas tinggi.
5. Animasi
Animasi dibuat dengan menggambar secara manual frame tiap frame selama durasi animasi tersebut. Untuk membuat ilusi gerakan. gambar ditampilkan pada layer komputer kemudian diganti secara terus menerus dengan gambar baru yang menyerupai gambar sebelumnya, dengan sedikit perbedaan (misal sedikit perbedaan pada gerakan kaki).
Multimedia interaktif membuat pelajar mengerti isi pelajaran, membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran, menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan, mampu menjadi sumber pengetahuan, mampu menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan, mampu menghibur selama proses pembelajaran,  membuat terjadinya interakti antara siswa dengan teknologi terkini, memberi peluang kepada guru untuk mengubah kaidah pengajaran dan membuat proses belajar dan mengajar menjadi lebih menyenangkan.

Berikut ini kelebihan dan kekurangannya multimedia interaktif.
Kelebihan :
  1. Menarik perhatian, karena manusia memiliki keterbatasan pada daya ingat.
  2. Media alternatif dalam penyampaian pesan, karena multimedia diperkuat dengan teks, suara, gambar, video dan animasi.
  3. Meningkatkan kualitas penyampaian informasi
  4. Interaktif
Kekurangan :
  1. Design yang buruk akan menyebabkan kebingungan dan kebosanan atau pesan yang tidak tersampaikan dengan baik.
  2. Kendala bagi orang yang memiliki terbatas seperti cacat fisik.
  3. Tuntunan terhadap spesifikasi komputer yang memadai.
Kelebihan dan kekurangan dari multimedia interaktif sendiri ada karena faktor dari manusianya sendiri, sama seperti halnya pembuatan multimedia sendiri dikarenakan kekurangan manusia sendiri ketika mendapatkan sesuatu. Nah, itulah penjelasan mengenai multimedia. Terima kasih telah membaca artikel di atas dan semoga artikel ini bisa bermanfaat atau paling tidak hitung-hitung menambah wawasan.

Untuk sekedar pengenalan berikut silahkan download contoh multimedia interaktif 

Reff :
  1. Hamalik, O. (2008). Proses belajar mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
  2. Eliza, F. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif mata kuliah gambar listrik yang menggunakan Autocad pada program studi pendidikan teknik elektro FT UNP. Jurnal teknologi informasi & pendidikan, 6 (2), hlm. 63-89.

0 komentar :

Posting Komentar

Jika anda menyukai artikel di atas silahkan share atau tinggalkan komentar. Mohon maaf, untuk menghindari spam, komentar yang menyertakan live link akan dihapus.