Digital Book

Digital Book ini sering disebut juga ebook singkatan dari Electronic book adalah jenis buku elektronik yang berbentuk softcopy yang dapat dibaca melalui perangkat elektronik seperti komputer, smartphone dan handphone.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Salah satunya lewat membaca buku. Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai E-Book yang dimana dalam hal ini meliputi fungsi, tujuan, jenis dan format, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Tidak jauh beda dengan bentuk buku seperti biasanya, di dalam ebook juga berisi informasi berupa teks dan gambar. Bukan hanya itu saja, didalam buku elektronik juga terdapat video dan audio sebagai pelengkap untuk memahami informasi atau materi dengan mudah.

Pengertian E-Book Menurut beberapa Sumber
  1. E-book adalah sebuah versi elektronik dari sebuah buku tercetak yang dapat dibaca pada sebuah personal komputer atau alat lain yang didesain khusus untuk membaca e-book (Danang, 2009).
  2. Buku elektronik adalah buku cetak yang di ubah bentuk menjadi elektronik untuk dibaca di layar monitor (Putu Laxman Pendit, 2008).
  3. Menurut Wikipedia pengertian E-book adalah publikasi buku yang tersedia dalam bentuk digital, terdiri dari teks, gambar, atau keduanya, dapat dibaca di layar komputer layar datar atau perangkat elektronik lainnya. Meskipun kadang-kadang didefinisikan sebagai “versi elektronik dari buku cetak”, beberapa e-book dibuat tanpa adanyak versi cetak.
  4. Menurut Whalts.com, pengertian e-book adalah versi elektronik dari buku cetak tradisional yang dapat dibaca dengan menggunakan komputer pribadi atau dengan menggunakan e-book reader.
  5. Oxford DictionariesMenurut Oxforddictionaries.com, pengertian e-book adalah versi elektronik dari buku cetak yang bisa dibaca di komputer atau perangkat genggam yang dirancang khusus untuk tujuan ini.
Pengertian lainnya mendeskripsikan E_book merupakan singkatan dari elektronik book, atau biasa dikenal dengan buku elektronik. E-book (singkatan dari electronic book, atau EBook) dikenal sebagai buku digital, merupakan e- teks  yang berbentuk media  digital  dan kadang-kadang dilindungi dengan hak cipta digital. E-book tidak lain adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer. E-book ini berupa file dengan berbagai macam format.

Sebuah E-book, sebagaimana didefinisikan oleh Oxford Kamus bahasa Inggris, adalah “versi elektronik dari buku cetak yang dapat dibaca pada komputer pribadi atau perangkat genggam yang dirancang khusus untuk tujuan ini”. E-book didedikasikan bagi mereka  para  pembaca media elektronik atau perangkat e-book baik melalui komputer atau bisa juga melalui ponsel yang dapat digunakan untuk membaca buku elektronik ini.

Sejarah dan Perkembangan Teknologi E-book
Sejarah dan perkembangan e-book tidak terlepas dari Proyek Gutenberg yang dirintis oleh Michael Hart pada 1971. E-book yang paling dahulu diimplementasikan adalah suatu prototipe desain yang dirancang dalam Dynabook yang menyisipkan PARC (komputer pribadi yang memiliki tujuan umum untuk dapat menampilkan buku bacaan).

Semenjak saat itu, Proyek Gutenberg terus berkembang dengan cepat. Ribuan sukarelawan terlibat dalam proyek ini. Penggunaan internet yang semakin umum pada tahun 1990an juga membuat perkembangan e-book menjadi semakin mudah dan cepat. Sampai saat ini saja terdapat sekitar 28.000 buku yang disediakan gratis melalui Proyek Gutenberg. Buku-buku itu dapat diunduh oleh pengguna internet secara gratis. Sejumlah buku ternama karangan para sastrawan dunia seperti Frank Kafka, James Joyce, Mark Twain, dan Leo Tolstoy tersedia di situs ini.

Dengan bertambahnya jumlah masyarakat pengguna e-book maka situs-situs yang menawarkan berbagai jenis e-book semakin bertambah. Situs-situs penyedia e- book juga menyediakan berbagai macam buku yang sebelumnya pernah dicetak dalam bentuk kertas. Hal ini tentunya diperbolehkan setelah memperoleh izin atas hak cipta dari pengarang/penerbit atau setelah hak cipta buku tersebut menjadi milik publik atau biasa disebut “public domain“. Biasanya setelah melewati jangka waktu lima puluh tahun setelah pengarang buku tersebut meninggal dunia.

Memang tidak semua situs di internet menyediakan e-book secara gratis. Hal tersebut bergantung dari jenis buku maupun pengarangnya. Apabila buku tersebut berlisensi maka biasanya dikenakan biaya untuk mengunduh e-book tersebut. Meski begitu tidak dapat dipungkiri bahwa cukup banyak pula situs yang menyediakan e- book secara gratis.

Sebagai contoh perpustakaan dunia maya seperti onlinebookslibrary yang menyatakan sanggup menyediakan lebih dari 10.000 buku. Buku-buku karangan Vladimir Nabokov, Henrik Ibsen, Yusuf Qardhawi, Harun Yahya, Sa’di, Tagore, Ibn Al Arabi juga dapat diunduh pengunjung secara gratis. Perpustakaan online lainnya seperti Questia Online Library bahkan mampu menyediakan 70.000 buku dan 2 juta artikel dari sejumlah koran, majalah, dan berbagai jurnal. Terdapat banyak buku- buku bagus di situs ini, mulai novel Ulyses James Joyce, novel Charles Dicken Great Expectation dan sejumlah buku karya penulis terkenal lain seperti karya Sigmund Freud dan Marry Shelley.

Amazon.com pun telah meluncurkan Amazon Kindle pada tahun 2009 yang sukses menguasai pasar perangkat e-book bersama Sony PRS-500. Namun pada Maret 2010, Barnes &Noble Nook dikabarkan mampu menjual perangkat lebih banyak dari Kindle dan pada 27 Januari 2011 Apple Inc. meluncurkan perangkat multi fungsi yang dikenal dengan nama iPad yang sudah mengadakan perjanjian dengan lima dari enam penerbit besar, sehingga memungkinkan pengguna iPad untuk mengunduh e-book dari penerbit-penerbit itu secara gratis.

Fungsi E-Book
Nah berikut ini ialah beberapa fungsi E-Book yaitu:
  1. Sebagai sarana pembelajaran.
  2. Untuk media pembelajaran.
  3. Untuk media bisnis.
  4. Tujuan E-Book

Adapun beberapa tujuan dari E-Book yaitu:
  1. Memudahkan proses pembelajaran
  2. Memudahkan guru memberi tugas.
  3. Memudahkan untuk belajar kelompok via online bagi murid.
  4. Guru dapat memberi materi walau guru sedang tugas luar.
  5. Melakukan ujian via online lebih mudah

Format E-book Pada Umumnya
Dalam pembuatannya ada beberapa format e-book yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa format e-book:
  • PDF (Portable Document Format)
  • EPUB (Electronic Publication)
  • MOBI (Format MobiPocket)
  • AZW (Amazon World)
  • KF8 (Format Kindle Fire dari Amazon)
  • PDB (Palm File Database)
  • HTML (Hyper Text Markup Language)
  • PRC (Palm Resource File)
  • CHM (Compressed HTML)
  • XHTML
  • XML
Kelebihan dan Kekurangan E-Book
Berikut ini terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan e-book, terdiri atas:
A. Kelebihan E-Book
  1. Ukuran fisiknya yang kecil dengan format digital, dia dapat disimpan dalam penyimpan data (harddisk, CD-ROM, DVD) dalam format yang kompak.
  2. Mudah dibawa. Jika dibandingkan dengan buku format cetak, buku dengann format elektronik ini memang lebih efisien jika dibawa. Cukup membawa satu media penyimpanan (laptop, flashdisk dll) yang di didalamnya dapat berisi ratusan bahkan ribuan buku.
  3. Tidak lapuk. E book dan E journal tidak menjadi lapuk layaknya buku biasa. Formatd igital dari eBook dan E journal dapat bertahan sepanjang masa dengan kualitas yang tidak berubah.
  4. Mudah diproses. Isi dari eBook dan E journal dapat dilacak, di-search dengan mudah dan cepat.
  5. Ukuran Font yang dapat di ubah-ubah, dapat menyesuaikan dengan kemampuan pembaca dalam melihat tulisan E-book.
  6. Penggandaan (duplikasi, copying) eBook dan E jounal yang efektif dan ekonomis jika dibandingkan dengan menggandakan buku yang membutuhkan waktu dan biaya yang cukup banyak.
  7. Mudah didistribusikan. Pendistribusian dapat menggunakan media elektronik seperti Internet.
  8. eBook memudahkan menyampaikan informasi yang interaktif. Dalam eBook dapat ditampilkan ilustrasi multimedia, misalnya dengan animasi untuk menunjukkan poin yang ingin dibicarakan.
  9. Keberadaan E-book akan mengurangi biaya dan sumber daya yang dibutuhkan untuk membuat buku tradisional, seperti kertas dan tinta.
  10. Lebih Ringkas: e-book atau buku digital terbukti jauh lebih ringkas dibandingkan dengan buku cetak. Pengguna smartphone dan perangkat genggam lainnya dapat membuka ebook kapan saja dan di mana saja
  11. Lebih Murah: Proses pembuatan e-book sangat mudah dan murah sehingga harganya cenderung lebih murah dibanding buku cetakan
  12. Ramah Lingkungan: e-book tidak membutuhkan tinta dan kertas sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan buku cetak yang terbuat dari kertas dan tinta
B. Kekurangan E-Book
  1. Ketergantungan akan sumber daya listrik .
  2. Piranti  pembaca yang masih mahal dan dapat rusak.
  3. Rentannya dokumen-dokumen E-book terhadap aktivitas yang dilakukan pembaca.
  4. Banyaknya program yang harus diingat, mengingat format yang ada semakin bertambah.
  5. Masalah hak cipta.karya ilmiah yang dibuat online seringkali dijiplak oleh pihak lain tanpa seijin pemiliknya. Kalimat-kalimat pada suatu artikel dikutip tanpa menyebutkan referensi asalnya.
  6. Terdapat berbagai format, yg terlihat dengan extension filenya : txt, doc, pdf, chm, dejavue, iSilo dll (rumit)
  7. Tidak semua format tersedia dalam setiap platform OS. Misal format dari Microsoft, hanya bisa dibaca dengan Microsoft Reader yang jalan di platform Microsoft juga misal Windows. Format PDF sudah tersedia diberbagai platform OS.
  8. Secanggih apapun format security ebook, karena digital, ia tetap bisa dibongkar, terutama oleh para hacker.
  9. Tidak Bisa Dipegang: memang sebagian besar orang lebih suka yang ringkas. Namun, beberapa orang lebih suka memegang buku ketimbang gadget dan ini tidak bisa diberikan oleh ebook
  10. Ukuran Huruf Lebih Kecil: pada umumnya ukuran huruf pada e-book cenderung lebih kecil dibanding pada buku cetak, apalagi bila membukanya di ponsel.
  11. Membuat Mata Cepat Lelah: ketika membaca e-book, cahaya dari perangkat ponsel atau perangkat genggam lainnya akan membuat mata cepat lelah. Penggunaannya jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan pada mata, misalnya mata minus.
Berikut video ulasan tentang ebook a.k.a buku digital


Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian e-book, fungsi dan manfaat e-book, tujuan, serta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka :

1 komentar :

Jika anda menyukai artikel di atas silahkan share atau tinggalkan komentar. Mohon maaf, untuk menghindari spam, komentar yang menyertakan live link akan dihapus.