Membuat Digital Book Pedoman Kampung KB menggunakan 3D Pageflip Pro

Kampung KB merupakan salah satu kegiatan prioritas yang sesuai dengan instruksi Presiden RI, terutama sebagai bentuk investasi Program KB yang manfaatnya dapat secara langsung diterima oleh masyarakat. Untuk itu perlu dilakukan langkah koordinasi lintas sektor, terutama dalam integrasi kegiatan yang akan dilaksanakan di Kampung KB.

Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas Program KKBPK secara utuh di lini lapangan. Kampung KB merupakan salah satu bentuk/model miniatur pelaksanaan total Program KKBPK secara utuh yang melibatkan seluruh Bidang di lingkungan BKKBN dan bersinergi dengan Kementerian/Lembaga, mitra kerja, stakeholders instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di tingkatan pemerintahan terendah (sesuai prasyarat penentuan lokasi kampung KB) di seluruh kabupaten dan kota.

Pembuatan Digital Book Pedoman Kampung KB diharapkan bisa mempermudah pemahaman sekaligus mempercantik tampilan buku tersebut. Sebelum kita membuat digital book tersebut yang dibutuhkan adalah :
1. Aplikasi 3D Pageflip Pro
2. Aplikasi 3D Pageflip Reader
2. File Buku yang akan dibuat digital book nya (bisa berupa file WORD, PPT ataupun PDF)

Berikut langkah-langkah pembuatan Digital Book nya :
1. Install Aplikasi 3D Pageflip Pro

2. Setelah terinstall, klik Create New dan pilih Magazine (disarankan) lalu klik OK

3. Klik Browse dan pilih file yang akan kita buat digital book nya, setelah itu import now dan tunggu sampai prosesnya selesai

4. Setelah proses converting selesai klik Publish

5. Disana ada pilihan apakah nanti di publish ke exe, html, zip dll. Pilih 3DP saja karena publish ke HTML berdasarkan pengalaman saya ditemukan masalah kompatibilitas flash player, lalu tunggu sampai proses publish nya selesai.

6. Secara default file digital book itu akan tersimpan di Folder : Documents\3d dengan nama file "index". File tersebut bisa di rename sesuai keinginan.



7. Untuk bisa membuka file digital book tersebut sobat harus menggunakan aplikasi "3d Pageflip Reader" yang sudah dijelaskan di atas.

Catatan :
a. Digital Book ini bisa sobat tambahkan audio ataupun video, untuk tutorial tersebut sudah saya jelaskan DISINI
b. Jika membutuhkan contoh file digital book yang sudah jadi silahkan download DISINI
c. Bagi yang membutuhkan tutorial video silahkan simak video di bawah ini :


Demikian proses pembuatan digital book pedoman Kampung KB, semoga bermanfaat, regards. 

Refferensi :
  1. Hudiana, (2020). Materi Perkuliahan Pertemuan Ke 11 Multimedia Pembelajaran
  2. Buku Elektronik (Wikipedia)
  3. Teknologi Buku (Wikipedia)
  4. Digitalisasi Informasi (Wikipedia)

0 komentar :

Posting Komentar

Jika anda menyukai artikel di atas silahkan share atau tinggalkan komentar. Mohon maaf, untuk menghindari spam, komentar yang menyertakan live link akan dihapus.