PEMBUATAN DIGITAL BOOK



Buku elektronik (disingkat Buku-e atau ebook) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar. Dewasa ini buku elektronik diminati karena ukurannya yang kecil bila dibandingkan dengan buku, dan juga umumnya memiliki fitur pencarian, sehingga kata-kata dalam buku elektronik dapat dengan cepat dicari dan ditemukan. Terdapat berbagai format buku elektronik yang populer, antara lain adalah teks polos, pdf, jpeg, doc lit dan html. Masing-masing format memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan juga bergantung dari alat yang digunakan untuk membaca buku elektronik tersebut.

Salah satu usaha untuk melestarikan literatur berbentuk buku yang banyak jumlahnya dan memerlukan biaya perawatan yang mahal adalah dengan melakukan transfer dari bentuk buku ke bentuk buku elektronik. Dalam hal ini akan banyak ruang dan juga upaya yang dihemat untuk merawat literatur-literatur tersebut.

Amazon Menjadi salah satu perusahaan yang mengembangkan Buku elektronik ini, mereka menggunakan buku elektronik semakin populer karena dapat dibaca kapan saja di mana saja dengan Kindle, salah satu tablet luncuran mereka. Buku elektronik dapat dibuka dengan berbagai macam software diantaranya Adobe Acrobat, Microsoft Word dan masih banyak lagi tergantung format yang dimiliki.

A.   PERSIAPAN UNTUK PEMBUATAN DIGITAL BOOK
Langkah – langkah persiapan untuk pembuatan digital book diantaranya:
1)    Teks Untuk Digital Book (Format Doc)
2)    Hasil Konversi ke Format PDF
3)    Gambar Untuk Haemodialisis
4)    Musik Untuk Backsound
5)    Video Untuk Digital Book
6)    Hasil Digital Book

Untuk lebih jelasnya silahkan simak video di bawah ini :

B.   CARA MENGKONVERSI DAN MENYATUKAN FILE MS WORDS MENJADI FORMAT PDF DENGAN BANTUAN SOFTWARE NITRO PDF
Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengkonversi dan menyatukan file ms words menjadi format pdf dengan bantuan software nitro pdf yaitu:
Pertama, siapkan file word yang akan dikonversi ke PDF dengan menggunakan program nitro pdf
Kedua, buka program nitro pdf yang telah terinstal pada komputer anda dengan cara mengarahkan kursor ke Icon Program Nitro Pro kemudian doble klik program tersebut
Ketiga,  pilih combine dan masukna file word yang akan di konversi ke format PDF dengan cara: Klik combine > Add File > Pilih file word yang akan dikonversi => Klik Open

Keempat, setelah dipilih filenya lalu klik create dan tunggu sampai proses konversi file selesai

Kelima, Jika telah selesai proses konversinya maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini:

kemudian File tersebut diberi nama > klik Save, jika hasil convert dalam bentuk pdf  berada pada folder yang lain, maka segera pindahkan pada folder HASIL KONVERSI KE FORMAT PDF

Berikut ini saya lampirkan video tutorial cara mengkonversi dan menyatukan file ms words menjadi format pdf dengan bantuan software nitro pdf :

C. Pembuatan Digital Book Dengan Bantuan Software 3D Pageflip Pro
Berikut ini langkah langkah untuk pembuatan digital book dengan bantuan software 3D Pageflip Pro:
# Install software 3D PageFlip Pro dan masukkan serial key agar menjadi Full Version.
# Jalankan aplikasi 3D PageFlip Professional di desktop komputer. Maka akan muncul tampilan aplikasi 3D PageFlip sebagai berikut ini :
# Klik “Create New” dan pilih project tipe “Magazine” sehingga muncul tampilan sebagai berikut :
# Klik “Select Template” jika kita ingin mengubah template bahan ajar 3D yang akan dibuat.3Jika tidak ingin mengubah template maka langsung saja klik “OK”.
# Setelah klik “OK” maka muncul tampilan sebagai berikut :
# Klik “Browse” untuk mencari dan memilih file bahan ajar PDF yang ada dikomputer kita untuk diubah menjadi bahan ajar berbentuk 3D PageFlip. Lalu klik Open.
# Pilih “All Pages” dan Klik “Import Now” maka aplikasi akan memproses import bahan ajar tersebut masuk ke dalam aplikasi 3D PageFlip.
# Setelah mengklik “Import Now” maka muncul tanpilan sebagai berikut :
# Mempublish bahan ajar 3D PageFlip
  • Flash/HTML5 : jika menghendaki output publish berbentuk HTML5 dimana untuk membukanya menggunakan via browser misalnya mozilla.
  • ZIP : jika menghendaki output publish berbentuk ZIP secara lengkap
  • EXE : jika menghendaki output publish berbentuk EXE (flash) dimana dapat dibuka secara langsung tanpa melalui software.
  • 3DP : jika menghendaki output publish berbentuk 3DP dimana dapat dibuka di Android maupun window dengan menggunakan aplikasi “3D PageFlip Reader”.
  • To FTP Server : jika menghendaki output publish dimasukkan ke dalam website dengan FTP terintegrasi (memiliki domain)
  • Screen Saver : jika menghendaki output publish berbentuk Screen Saver
  • Email To : jika menghendaki output publish ZIP dikirimkan via email ke orang lain
Di sini saya akan mengambil “3DP”.

Untuk lebih jelasnya silahkan simak video di bawah ini :

Demikian semoga bermanfaat, regards.
Refferensi :
  1. Hudiana, (2020). Materi Perkuliahan Pertemuan Ke 11 Multimedia Pembelajaran
  2. Buku Elektronik (Wikipedia)
  3. Teknologi Buku (Wikipedia)
  4. Digitalisasi Informasi (Wikipedia)
  5. Railsacantik (Wordpress)

0 komentar :

Posting Komentar

Jika anda menyukai artikel di atas silahkan share atau tinggalkan komentar. Mohon maaf, untuk menghindari spam, komentar yang menyertakan live link akan dihapus.